Perbedaan nasi tumpeng dengan nasi kuning

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia, Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai nasi uduk.
Tumpeng nasi kuning dalam atau tumpeng nasi kuning dalam tradisi Di Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.
BACA JUGA :
○ Harga paket Nasi tumpeng di Cimahi
Nasi Tumpeng adalah cara penyajian nasi yang berdibentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya; karena itu disebut pula 'nasi tumpeng'. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Cara penyajian nasi ini khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa dan biasanya dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian penting. Meskipun demikian,masyarakat Indonesia sudah mengenal kegiatan ini secara umum. Tumpeng biasa disajikan di atas tampah atau nyiru (Jawa Barat) sebuah wadah berbentuk bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu) yang telah dialasi daun pisang.
Masyarakat di pulau Jawa, Bali dan Madura memiliki kebiasaan membuat tumpeng untuk kenduri atau merayakan suatu peristiwa penting, seperti perayaan kelahiran atau ulang tahun serta berbagai acara syukuran lainnya. Meskipun demikian kini hampir seluruh rakyat Indonesia mengenal tumpeng. Falsafah tumpeng berkait erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama pulau Jawa, yang dipenuhi jajaran gunung berapi. Tumpeng berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para hyang. Nasi yang dicetak berbentuk kerucut dimaksudkan untuk meniru bentuk gunung suci Mahameru, tempat bersemayam dewa-dewi.
BACA JUGA :
○ Harga Nasi tumpeng box dan Karakter
Meskipun tradisi tumpeng telah ada jauh sebelum masuknya Islam ke pulau Jawa, tradisi tumpeng pada perkembangannya diadopsi dan dikaitkan dengan filosofi Islam Jawa. Dalam tradisi kenduri Slametan pada masyarakat tradisional Jawa. Menurut tradisi Jawa, "Tumpeng" merupakan akronim dalam bahasa Jawa: yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan sungguh-sungguh)

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI TUMPENG
1 liter nasi
1 liter santan dari kelapa parut
7 iris Lengkuas
5 lembar Daun salam
2 batang sereh, geprek
- Garam secukupnya
Bumbu dihaluskan :
10 siung bawang merah
7 siung bawang putih
4 ruas jari kunyit
8 butir kemiri
1 sdm ketumbar
- Minyak secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuatnya :
- Cuci bersih beras, tiriskan.
- Panaskan air kedalam dangdang atau langseng,
- Masukkan semua bumbu dan santan. Aduk terus sampai agak mendidih kemudian matikan api.
- Masukan Beras kedalam dangdang tunggu sampai mendidih, siram dengan air santan yang sudah di masak, aduk pelan-pelan beras dan santan agar tercampur rata. kemudian tutup dan tunggu sampai matang ± 30 menit.
- Nasi kuning siap di sajikan dengan lauk pelengkap lainnya
RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI KUNING DENGAN RICE COOKER
Bahan-bahan
4 cup beras (1cup = 185-200gr)
10 cm kunyit dgn 1/2 gelas air matang di blender dan saring
4 lembar daun pandan
4 batang daun serai (digeprek)
5 lembar daun jeruk
2 ruas ibu jari lengkuas (digeprek)
2 ruas jahe (diiris2)
5 lembar daun salam
1 santan 250ml
7 buah bawang merah (diiris tipis)
4 buah bawang putih (diiris tipis)
secukupnya garam

Cara membuatnya :
- Cuci bersih beras, tiriskan.
- Panaskan wajan, masukkan semua bumbu dan santan. Aduk terus sampai agak mendidih kemudian matikan api.
- Beras dan air santan yang sudah di masak ke dalam di rice cooker. tinggi air minimal dua ruas jari orang dewasa. jika kurang boleh di tambah santan, aduk beras dan santan agar tercampur rata. kemudian tutup rice cooker dan tekan tombol "cook" tunggu sampai matang ± 40 menit.
- Nasi kuning siap di sajikan dengan lauk pelengkap lainnya, nasi kuning paling cocok dengan ayam goreng serundeng, telor balado. selamat mencoba


EmoticonEmoticon