Jasa catering menerima pesanan paket nasi box, nasi liwet, tumpeng, tumpeng mini, snack box, catering harian, melayani Cimahi, Bandung dan sekitarnya

Hati-hati ..!!! penipuan Warung Q-Neng tidak membuka cabang/outlet dimanapun
idul fitri

3 Perbedaan Nasi Kebuli dengan Nasi Briyani

Catering Warung Q-Neng Jasa catering di cimahi menerima pesanan paket catering nasi box, nasi liwet, nasi tumpeng, tumpeng mini, snack box, kue tampah, catering harian atau catering rantangan, catering prasmanan untuk harga dijamin paling murah, melayani wilayah Cimahi, Bandung & sekitarnya.
nasi kebuli
Karena memiliki banyak peminat di Indonesia, maka hidangan-hidangan berbentuk nasi dari beberapa negara lain dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Salah satu hidangan tersebut adalah nasi briyani. Berasal dari negara Timur Tengah, hidangan ini sering disamakan dengan salah satu hidangan nasi asli dari Indonesia, nasi kebuli. Pada nyatanya, kedua hidangan ini memiliki sejumlah perbedaan, bahkan dari tempat asal pun sudah berbeda.
Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.
Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik, inilah 3 Perbedaan yang sangat mendasar nasi kebuli dan nasi briyani
1. Asal Mula
Nasi kebuli merupakan hidangan asli Indonesia. Nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia. Hidangan ini populer di antara masyarakat Betawi. Nasi kebuli sering dikatakan mirip dengan nasi Briyani, salah satunya karena memang terpengaruh dari budaya Arab Timur Tengah.
ternyata nasi kebuli tidak ada di Timur Tengah, lho. Mengapa demikian? Sebenarnya, jenis hidangan yang ada di Timur Tengah adalah nasi kabli bukan nasi kebuli. Itupun berasal dari Afganistan. Inilah yang membuat nasi kabli mengalami transliterasi bahasa menjadi nasi kebuli. Nasi inilah yang terkenal di Indonesia saat ini.
Nasi briyani merupakan hidangan yang berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Di negara asalnya, hidangan ini disebut biryani, biriani, beriani, atau briyani. Nama “Biryani” berasal dari Bahasa Persia yang artinya goreng atau panggang.
2. Cara Pengolahan
Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (kadang diganti santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati.
Jika nasi kebuli dimasak bersamaan dengan kaldu, maka nasi briyani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci lain secara terpisah dan tidak diberi kaldu dan susu kambing. Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak nasi briyani pun ada yang berbeda, yaitu menggunakan kacang-kacangan, salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang Bombay, dan beberapa rempah lainnya. Setelah beras setengah matang, baru dicampur dengan kaldu yang sudah dibumbui, dan kemudian dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap kedalam nasi dalam wadah tertutup.
3. Rasa
Dari segi rasa, kedua hidangan ini tidak memiliki perbedaan yang jauh. Nasi kebuli memiliki rasa gurih yang berasal dari kaldu dan susu kambing. Nasi kebuli memiliki cita rasa seperti kari dan aroma kapulaga yang menonjol, sedangkan nasi briyani lebih menonjolkan rasa kunyit. Nasi briyani memiliki rasa pedas yang berbeda dengan kebanyakan masakan Indonesia dan memiliki rasa pedas yang hangat dari rempah yang digunakan. Nasi briyani memiliki rasa yang gurih dan kaya rempah.
Demikian 3 perbedaan nasi kebuli dan nasi Briyani, semoga tulisan ini menambah informasi dan pengetahuan dari dunia kuliner dan harga nasi box terbaru.
Catering Warung Q-Neng
Jalan Kecamatan No.228 Cibabat
Cimahi Utara - Jawa Barat 40513
Admin :0812 101 101 53
Yuni :0812 1430 2784
Bandi :0896 0285 1442

Tumpeng Mini

Paket Tumpeng Mini dari Warung Q-Neng ini biasa disajikan untuk acara seperti Syukuran, Arisan, Meeting atau Rapat Kantor, Pernikahan, Ulang Tahun, Family Gathring dan acara lainnya, untuk pesanan banyak sticker dapat diganti sesuai dengan keinginan free design.